Jakarta, Aktual.com – Seekor ikan angler fish dari ordo Liphiiformes bertengger di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Di Indonesia ikan ini dikenal dengan nama sungut ganda. Dunia perairan menjulukinya sebagai monster dasar laut.

Ikan ini terkenal dengan wujudnya yang menyeramkan. Ukuran badannya yang besar dengan mulut lebar seperti bulan sabit, memiliki gigi taring melengkung dan memanjang.

Pada bagian kepalanya terdapat antena memanjang hingga atas moncong di ujungnya terdapat gumpalan daging yang bisa bercahaya, digunakan sebagai sensor untuk mengelabui mangsanya.

Sosok ikan yang menyeramkan ini ditampilkan dalam film “Finding Nemo” besutan rumah produksi World Disney. Saat itu Marlin, ayah Nemo bersama temannya ikan Dory mengarungi laut dalam untuk mencari Nemo yang tertangkap jaring nelayan.

Dory hampir dimakan oleh ikan sungut setelah terhipnotis lampu sensor. Untungnya Marlin menyadari bahwa cahaya yang membuat Dory mendekat adalah sensor lampu yang dimiliki oleh Ikan sungut untuk menjaring mangsanya.

Ikan sungut raksasa telah muncul ke permukaan Jakarta, mendarat Sabtu (20/7) di Pelabuhan Sunda Kelapa. Lalu bergerak ke Bundaran HI menuju Taman Aspirasi Monumen Nasional (Monas) sebagai monster plastik.

Kemunculan ikan sungut ini menjadi pengingat bagi warga Jakarta bahwa plastik yang selama ini dipakai dan berakhir di laut akan kembali ke permukaan sebagai monster plastik yang akan menelan bumi manusia.

(Abdul Hamid)