Jakarta, Aktual.com — Lulusan sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, selalu bertambah di setiap tahunnya. Hanya saja, dari generasi yang baru lulus sekolah tersebut jarang yang langsung melanjutkan kuliah. Mereka juga tak bisa langsung mencari kerja sehingga berpotensi menjadi pengangguran.

Apabila hal itu dibiarkan, maka pengangguran dapat dipastikan semakin banyak, ketimpangan lulusan SMA dengan lulusan perguruan tinggi akan bertambah lebar. Untuk mengatasi persoalan tersebut, calon Bupati Purwakarta, Padil Karsoma punya solusinya.

Padil yang berpengalaman sebagai birokrat di Purwakarta selama kurang lebih 38 tahun ini menjelaskan solusinya. Para lulusan SMA, SMK, MA atau pesantren itu akan dikursuskan yang secara khusus yang dibuat oleh dinas terkait.

Program peningkatan keterampilan khusus ini akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan industri yang ada di Purwakarta dan sekitarnya.

“Jadi pendekatannya bukan lagi percontohan dengan mencomot utusan dua atau tiga orang, tapi memang dibuat berkala. Nantinya kepala daerah akan meminta dunia usaha menampung tenaga kerja yang sudah kita latih,” ujar Padil kepada wartawan, Minggu (11/2).