Jakarta, Aktual.co — PT Citibank Indonesia, PT Bank DKI dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menandatangani kerja sama program edukasi literasi keuangan bagi murid sekolah dasar di DKI Jakarta.

“Kita mendorong bagaimana mengedukasi anak-anak untuk mengerti keuangan melalui program Petualangan Agen Penny,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam sambutan acara penandatanganan kerja sama itu di Jakarta, Rabu (26/11).

Citi Country Officer Citibank Indonesia Tigor M. Siahaan Tigor mengatakan program ‘Petualangan Agen Penny’ adalah suatu bentuk pertunjukan teater menghibur, interaktif dan edukatif yang memberikan informasi dan pengetahuan keuangan dasar serta memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman pelajar kelas V dan VI SD terhadap keuangan.

Menurut dia, pemahaman masyarakat terutama pelajar terhadap produk dan layanan keuangan masih rendah.

“Hanya 28 persen pelajar atau mahasiswa yang memiliki tingkat literasi yang baik dengan tingkat utilasi sebesar 44 persen,” katanya.

Program tersebut merupakan kerja sama di bidang tanggung jawab sosial perusahaan atau coorporate social responsibility (CSR) antara Citibank Indonesia, Bank DKI dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Hasil survei literasi keuangan nasional yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013 menunjukkan hanya 21,8 persen responden yang mempunyai pemahamam, keterampilan, dan kepercayaan dalam menggunakan produk dan layanan keuangan.

Sementara Direktur Utama PT Bank DKI Eko Budiwiyono mengatakan pihaknya sangat mendukung program literasi edukasi keuangan Indonesia tersebut yang juga menjadi perhatian khusus Bank DKI.

Ia berharap agar tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk-produk keuangan makin meningkat khususnya dimulai dari anak usia dini.

()

(Eka)