Bukittinggi, Sumbar, Aktual.com – Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Erman Safar menegaskan kegiatan Subuh Berjamaah ASN dengan nama program Jum’atul Qubra tetap akan dilaksanakan di pemerintahan setempat, karena kasus COVID-19 di daerah itu mulai menurun.

“Ya, akan terus dilaksanakan saat kondisi COVID-19 sudah melandai di Kota Bukittinggi, saat ini sengaja dihentikan sementara karena kasus yang kembali meningkat beberapa waktu terakhir,” kata Erman Safar di Bukittinggi, Jumat (18/6).

Program Jum’atul Qubra digelar oleh Pemerintah Kota Bukittinggi dan dilaksanakan setiap hari Jumat subuh yang diikuti oleh ASN terutama laki-laki bersama masyarakat sejak awal bulan Maret 2021 dan dihentikan sementara sejak sebelum Ramadhan.

Program awal dari Erman Safar itu terhenti karena Kota Bukittinggi saat ini masih berada pada zona oranye.

Kepala bagian Kesra (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Kota Bukittinggi, Eryanson mengatakan bahwa saat ini kondisi belum memungkinkan untuk dilaksanakan kembali karena dikhawatirkan akan menimbulkan klaster baru.

“Sesuai dengan data mingguan yang dikeluarkan Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat saat ini Kota Bukittinggi masih berada pada zona oranye, dan mengingat tidak memungkinkan untuk mengumpulkan orang dalam jumlah yang banyak dan agar tidak terjadinya klaster baru, untuk itu sementara kegiatan Juma’tul Qubra kita hentikan sementara,” kata Eryanson.

Ia juga menjelaskan Juma’tul Qubra akan digelar kembali sebagaimana sebelumnya selain Shalat Subuh berjamaah dan melakukan kajian subuh, juga akan dilaksanakan jumat bersih dan jumat berkah.

“Untuk itu guna mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus ini, mari selalu menerapkan perilaku hidup disiplin dengan melakukan langkah 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” kata dia.

Subuh berjamaah melalui program Jumatul Qubra sebelumnya dilaksanakan sejak 5 Maret 2021 dan menjadi program utama pemerintahan baru Wali Kota Erman Safar yang baru saja dilantik.

Wali Kota mengintruksikan seluruh ASN muslim laki-laki untuk mengikuti kegiatan Shalat Subuh berjamaah di beberapa masjid yang ditunjuk.(Antara)

(Warto'i)