Suasana perakitan kendaraan roda empat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat (24/8/2016).AKTUAL/EKO S. HILMAN

Jakarta, Aktual.com – Head of Investor Relations Division PT Astra International Tbk Tira Ardianti mengakui bahwa penjualan kendaraan otomotif jenis roda empat dan roda dua terus alami penurunan.

Hal ini dikarenakan adanya penurunan daya beli yang dakui oleh pihaknya akibat kebijakan pemerintah yang tak tepat. Seperti kenaikan tarif dasar listrik dan kenaikan biaya administrasi STNK/BPKB.

“Kebijakan kenaikan STNK/BPKB sangat besar dampaknya. Apalagi ditambah adanya kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) itu di tahun ini sangat berpengaruh terhadap penjualan otomotif, terutama motor,” papar dia di Jakarta, Jumat (10/11).

Kenaikan TDL, kata dia,berdampak serius terhadap daya beli konsumen. Ditambah lagi, ada juga dampak dari panen di beberapa daerah yang tertunda.

“Tapi intinya penurunan daya beli ini membuat konsumen enggan untuk membeli motor. Ditambah lagi ada kenaikan biaya STNK. Karena bagi masyarakat menengah ke bawah, motor itu menjadi barang yang mewah,” kata dia.

(Andy AbdulHamid)