Jakarta, aktual.com – Sufi adalah seseorang yang mengikuti jalan tasawuf. Yang paling terkenal tentang asal-usul istilah ini adalah bahwa dinamakan demikian karena dia lebih suka mengenakan pakaian suf untuk hidup sederhana.

Terdapat berbagai definisi dalam terminologi tentang tasawuf, dan salah satu yang paling terkenal Tasawuf adalah pengetahuan tentang prinsip-prinsip yang diturunkan dari perbaikan perbuatan, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.

Ada yang mengatakan bahwa tasawuf adalah penyucian hati untuk Allah Yang Maha Tinggi dan merendahkan selain-Nya.”

Juga ada yang mendefinisikan tasawuf sebagai “kebenaran dengan Allah, pembebasan dari keduniaan, dan perilaku baik dalam berhubungan dengan sesama manusia.”

Namun definisi yang lebih komprehensif adalah definisi Ibn Khaldun,

“Berpegang teguh pada ibadah, berpaling kepada Allah Yang Maha Tinggi, menolak perhiasan dunia dan keindahannya, serta menjauh dari kenikmatan, kekayaan, dan kedudukan yang diterima oleh kebanyakan orang, dan berdiam diri dalam ibadah dengan sendirinya.”

Mereka disebut Sufi atau Sufiyah karena kemurnian rahasia mereka dan kesucian jejak langkah mereka. Seorang Sufi adalah seseorang yang telah membersihkan hatinya untuk Allah, dan perilaku mereka mencerminkan ketulusan mereka kepada Allah. Sebagai hasilnya, mereka menerima kemuliaan dari Allah Yang Maha Mulia. Beberapa orang mengatakan bahwa dinamai Sufi karena mereka mendekat kepada Allah dengan semangat yang tinggi dan hati yang tulus kepada-Nya, mereka menghadap kepada-Nya dengan penuh cinta dan batin mereka berdiri di hadapan-Nya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain