Lampung Utara, Aktual.com – Dugaan praktik permainan jalur belakang masih terjadi dan kecurangan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara (Lampura).

Dibalik hasil seleksi PPDB online jalur Zonasi Jarak dan jalur Prestasi Nilai USBN yang dilakukan oleh pihak sekolah, diduga ada kecurangan.

Hal itu terendus dari keterangan Iwan selaku calon wali murid yang mendaftarkan anaknya lewat jalur zonasi.

“Awalnya anak saya udah ada namanya tiba-tiba tergeser begitu saja. Sementara ada tiga kawan anak saya jaraknya jauh dari saya masuk, ini ada apa?,” ucapnya, Selasa (22/6)

Iwan melanjutkan, mengetahui nama anaknya sudah tidak ada di daftar dia mendatangi pihak sekolah menanyakan kenapa anaknya bisa tergeser sementara jarak rumahnya ke sekolah sangat dekat.

“Sementara yang jauh rumahnya malah di terima, ini tidak adil,” tuturnya.

Sementara itu dari pihak sekolah SMAN 01 yang ditemuinya belum bisa memberi penjelasan yang pasti.

“Kami staf biasa pak kami juga kurang paham takut salah sebaiknya bapak ketemu kepala sekolahnya aja,” ujar salah seorang staf SMAN 01.

Pihak media yang tergabung dalam wadah Organisasi Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Utara telah mengkonfirmasi kepala sekolah SMA N 1, Arozi namun hingga berita ini diturunkan, pihaknya belum memberi tanggapan.

(Ersa Mahendra)

(Nusantara Network)