Tangerang, aktual.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang memberikan pelatihan menyablon kepada puluhan anak berkebutuhan khusus di Yayasan Difabel Mandiri Indonesia.

Kepala Dinsos Kota Tangerang, Suli Rosadi di Tangerang, Selasa, menjelaskan, kegiatan itu bekerjasama dengan Koperasi Kita Karawaci, Persatuan Percetakan Tangerang dan Komunitas Tuman Jasa untuk melakukan kegiatan Kelompok Usaha Bersama (Kube) bagi disabilitas di Depan SDN 3 Cikokol yang berada di Jalan Buaran PLN RT 04/03 Kelurahan Cikokol.

Peserta pelatihan sangat antusias memperhatikan tahapan cara pembuatan sablon yang diadakan Dinsos Kota Tangerang.

Kegiatan ini merupakan bekal keterampilan bagi penyandang disabilitas khususnya di Kota Tangerang, agar bisa mandiri dan menunjang kesejahteraannya.

“Mereka betul-betul memperhatikan setiap contoh cara pembuatan sablon yang diberikan oleh fasilitator dari Komunitas Tuman Jasa yang punya komitmen untuk memberdayakan disabilitas,” tambahnya.

Suli menyebutkan antusias dan semangat ternyata bisa mengalahkan keterbatasan mereka dalam perjuangan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. “Mereka punya semangat dan ingin menunjukkan disabilitas bukanlah hambatan, mereka tetap bisa berkarya,” ujarnya.

Kegiatan ini juga merupakan ikhtiar Dinas Sosial dalam memberikan keterampilan bagi para disabilitas, sehingga mereka berdaya dan dapat menembus batas keterbatasan mereka dengan skil dan kemandirian yang dimilikinya.

“Kita berikan keterampilan kepada peserta agar tetap memiliki keterampilan untuk usaha dalam pengembangan kedepannya,” ujarnya. [Eko priyanto]

(Zaenal Arifin)