Ilustrasi Pelajar Berangkat Sekolah Menunggang Sepeda
Ilustrasi Pelajar Berangkat Sekolah Menunggang Sepeda

Tanjungpinang, aktual.com – Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau segera menerbitkan surat edaran penggunaan sepeda bagi  pelajar khususnya tingkat menengah atas SMA/SMK/MAN) untuk berangkat ke sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Muhammad Dali, Sabtu [22/2] mengatakan  surat edaran naik sepeda ke sekolah itu ditujukan khususnya bagi pelajar yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

“Sudah cukup banyak kejadian kecelakaan lalu lintas melibatkan pelajar, karena mereka belum punya SIM. Imbauan itu sifatnya mengajak, selain untuk keamanan, juga supaya lebih sehat,” ujar Dali di Tanjungpinang, Sabtu.

Wacana tersebut, kata Dali, sudah mulai diterapkan pada tahun pelajaran baru (Juni-Juli 2020) mendatang.

Dia harapkan, paling tidak anak-anak yang sekolah berada di dalam daerah zonasi dapat segera menyiapkan sepeda untuk berangkat ke sekolah.

“Karena berada di dalam zonasi, pasti berdekatan dengan sekolah,” tutur Dali.

Untuk mempersiapkan hal itu, pihaknya akan segera melakukan pembahasan bersama stakeholder terkait, khususnya yang berkaitan dengan lalu lintas.Disdik juga bakal meminta pandangan Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

“Apakah surat edaran itu nanti dari Dinas Pendidikan atau Gubernur, ini kita putuskan setelah mendapat pandangan Plt Gubernur,” tegas Dali.

(Eko Priyanto)