Jakarta, Aktual.com – Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyebutkan tembakau Virginia Voor Oogst (VO) juga jenis Jawa, di daerah itu yang tertanam baru seluas 65 hektare, tersebar di Kecamatan Temayang dan Sukosewu.

“Luas tanaman tembakau tertanam 65 hektare itu berdasarkan laporan petugas penyuluh lapangan (PPL) pada 5 Juni lalu,” kata Kasi Tanaman Semusim pada Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi di Bojonegoro, Rabu (7/6).

Menurut dia, petani belum banyak yang menanam tembakau, baik jenis VO maupun Jawa, karena masih membuat persemaian, selain masih mengolah tanah. Jadwal tanam terakhir tembakau di daerahnya masih panjang, yakni hingga akhir Juni.

“Jadwal tanam ideal masa tanam tembakau di Bojonegoro Mei sampai akhir Juni,” ucapnya.

Ia optimistis tanaman tembakau di daerahnya pada musim tanam tahun ini akan cukup luas, karena sudah ada 35 kelompok tani di sejumlah kecamatan yang mengambil benih tembakau yang dibagikan secara gratis dengan jumlah sekitar 27 kilogram.

Selain itu, lanjut dia, kelompok tani yang lain masih bisa menggunakan benih untuk membuat persemaian pada musim tanam tembakau kemarau tahun ini.

Sesuai jenis benih tembakau yang diambil kelompok tani di Dinas Pertanian, yaitu jenis Virginia VO T-45 dan K-326 dan Jawa Grompol Jawa Timur.

(Ismed Eka Kusuma)