Ilustrasi- Nelayan sedang bersiap mencari ikan di laut

Jakarta, Aktual.com – Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI)  peringati hari nusantara dengan mengelar diskusi virtual yang dihadiri pemuda nelayan dari 34 provinsi di Indonesia. Hari nusantara merupakan peringatan deklarasi Juanda dianggap sebagai deklarasi kemerdekaan kedua Indonesia yang menandakan kedaulatan laut Indonesia dan diakui oleh dunia internasional.

Acara dibuka dengan refleksi hari nusantara oleh ketua umum DPP HNSI Mayor Jenderal (Purn) Yusuf Solichein, Ph.D yang diwakilkan ketua harian Dr. Anton Leonard yang menyebut semangat deklarasi Juanda harus menjadi sumber inspirasi akan kekuatan maritim dan kelautan Indonesia, dan pemuda mempunyai peran strategis untuk merkontribusi bagi kemajuan maritim Indonesia.

“Ketua umum sangat antusias dengan semangat anak muda nelayan untuk berkontribusi aktif demi kemajuan nelayan dan maritim Indonesia, dan berpesan untuk menjadikan semangat hari nusantara sebagai tonggak pemersatu pemuda nelayan” sebut Ketua Harian DPP HNSI Dr. Anton Leonard pada peringatan hari nusantara secara virtual, Rabu (15/12).

Hal senada diutarakan oleh Ketua DPP HNSI Bidang Pemuda Adri Manan yang menyebut kehadiran pemuda dewasa ini sangat dibutuhkan baik secara kuantitas maupun kualitas demi kemajuan nelayan dan maritim, kehadiran anak-anak muda pada hari nusantara menjadi pertanda baik yang harus diakomodir dan diberikan ruang gerak yang luas.

Acara dilanjutkan dengan diskusi antara DPP dan perwakilan pemuda nelayan dari 34 Provinsi di Indonesia yang banyak membahas urgensi, potensi, dan tantangan pemuda nelayan dalam memajukan nelayan dan maritim di Indonesia. Kesejaterahaan nelayan, kelestarian lingkungan, dan kolaborasi antara pemuda nelayan menjadi tema yang dibicarakan.

“Sensitifitas terhadap persoalan dari anak muda pesisir maupun nelayan yang diutarakan dari berbagai daerah memberikan harapan besar bagi kita semua potensi besar pemuda dengan idealisme dan juga semangat yang membara untuk mewujudakan slogan nelayan kuat, negara sejahtera” ucap Ketua Harian DPP HNSI pada peringatan hari nusantara secara virtual, Rabu (15/12).

Merespon hal tersebut Ketua Harian DPP HNSI berkomitmen untuk memberikan ruang untuk dibentuknya organisasi Pemuda HNSI sebagai ruang aspirasi pemuda untuk berpartisiapasi lebih dan berkolaborasi baik ditingkat pusat maupun daerah.

Agenda ditutup dengan manifesto kemunculan organisasi Pemuda Nelayan yang dipandu salah satu inisator Jimmy Julian yang menyebut bahwa organisasi pemuda HNSI harus menjadi katalisator bagi nelayan dan maritim Indonesia yang sensitif terhadap persoalan, kreatif dalam penyampaian aspirasi, dan kolaboratif dalam menjalin sinergisitas dengan berbagai macam pihak.

(Arie Saputra)