Jakarta, Aktual.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan sidang rapat paripurna DPR RI menetapkan hasil fit and proper test Komisi I terhadap calon kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Untuk itu, presiden dapat segera melakukan pelantikan terhadap Komjen Pol Budi Gunawan (BG) yang ditunjuk menggantikan Sutiyoso.

“Ya kan jadi hari Jumat surat presiden soal penujukan ka BIN datang ke sini ( DPR), di Jumat itu malah langsung digelar rapat pimpinan, dan Senin masih dirapim, Selasa ke (paripurna) dan di Badan musyawarah, Rabu ke komisi 1 ( fit and proper test), hingga hari ini Kamis di Paripurna (penetapan),” papar Fahri, disela-sela sidang Paripurna, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (8/9).

“Ya berharap mudah-mudahan sekaligus katanya presiden kan pulang malam ini, ya besok (Jumat) dilantik saja lebih itu kan hari baik kan,” tambahnya.

Masih dikatakan Fahri, dengan segera melantik Budi Gunawan diharapkan sistem internal dari badan intelijen dimodernisasi secara total.

“Karena Budi Gunawan juga dikenal orang dapur, orang yang senang duduk di belakang dan mengelola tata kelola manajemen,”

“Mudah-mudahan sistem internal dari badan intelijen kita itu di modernisasi secara habis-habisan. Sehingga Indra presiden dan Indra negara dalam membaca dinamika dan realitas baru yang makin rumit semakin canggih,” pungkas dia.

 

*Novrizal

()