Buntut Pesawat Hercules TNI AU, C-130 nomor A 1334 yang jatuh di Wamena, Papua, Minggu (18/12), (Istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi I DPR RI Evita Nursanty mengucapkan belasungkawa kepada para korban dan keluarga yang ditinggalkan atas kecelakaan yang dialami pesawat Hercules di Timika menuju Wamena Papua pagi tadi.

“Saya ingin sampaikan belasungkawa kepada korban dan keluarganya. Semoga diberikan kekuatan dan ketabahan,” kata Evita, di Jakarta, Minggu (18/12).

Ia meminta agar semua pihak dapat bersabar menunggu hasil investigasi yang dilakukan TNI AU, sehingga tidak menduga-duga. Meski, Evita menyakini jika kecelakaan besar kemungkinan diakibatkan buruknya cuaca di rute yang dilalui.

“Namun saya melihat ada faktor kondisi cuaca di wilayah yang memang topografinya cukup rawan. Apalagi tujuan pesawat itu disana memang untuk latihan navigasi,” sebut politikus PDI Perjuangan itu.

Evita memaparkan bahwa, sebelum kecelakaan pesawat ini tentunya menambah daftar panjang kecelakaan yang tejadi dibeberapa peristiwa yang dialami pesawat Skytruck milik Polri di perairan Kepri dan Helikopter Bell 412 milik TNI AD di Kalimantan.

“Maka untuk ke depan perlu pengutamaan keselamatan dengan meningkatkan kesiapan baik teknis pesawat, dan upaya mencegah human error,” papar dia.

“Kita tahu setiap pesawat memiliki karakteristik tersendiri dan harus betul-betul diperhatikan sehingga ke depan kita persempit peluang kecelakaan meski kita sadar soal cuaca dan nonteknis lain diluar kendali manusia,” pungkasnya.

Laporan: Novrizal Sikumbang

(Nebby)