Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengisi jabatan KASAU menggantikan Marsekal TNI Agus Supriatna yang memasuki masa pensiun. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan pimpinan dewan sudah menerima surat presiden terkait pergantian Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 nanti.

Ia menyebutkan bahwa presiden sudah menyerahkan nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Hadi Tjahjanto.

“Surat dari presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan juga rencana untuk pengangkatan atau pergantian kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI yang baru,” kata Fadli di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (4/12).

Ketika ditanyakan, apakah hanya nama KASAU saja yang diajukan presiden, Fadli mengatakan bahwa hanya satu nama saja.

“Hanya ada satu nama saja,” tambah dia.

Setelah diterima pimpinan, sambung Fadli kemudian akan dibahas sebelum masuk masa reses dewan, dengan langsung berkordinasi komisi I DPR RI, untuk kemudian menentukan waktu fit and proper testnya.

“Kita harapkan mudah-midahan bisa begitu. Nanti tentu akan kami kordinasikan dengan pimpinan komisi I dan juga fraksi-fraksi yang ada dalam Bamus untuk mengagendakan rapat Paripurna,” pungkas politikus Gerindra itu.

Laporan: Novrizal Sikumbang

(Nebby)