Jakarta, Aktual.com – Komisi V DPR RI mengingatkan penyedia jasa konstruksi untuk selalu mengutamakan keselamatan kerja, antara lain dengan melaksanakan tahapan kerja secara semestinya.

“Penyedia jasa konstruksi agar menjaga kualitas dan keselamatan kerja,” kata Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo di Jakarta, Selasa (20/2).

Pihaknya juga bakal menyelidiki peristiwa robohnya tiang pancang konstruksi di dalam pengerjaan infrastruktur Tol Becakayu.

Menurut dia, kecelakaan kerja tersebut seharusnya membuat pemerintah memberikan peringatan keras kepada penyedia jasa konstruksi dan tidak hanya kontraktor.

Ia berpendapat bahwa kemungkinan ada tahapan kerja yang tidak dilakukan dengan semestinya, sehingga penting peran konsultan pengawas di sini.

Komisi V DPR bakal memanggil berbagai pihak yang terkait dengan dugaan terjadinya ketidakpatuhan terkait UU Jasa Konstruksi.

Sebelumnya diberitakan, tiang pancang tol Becakayu di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa sekitar pukul 03.00 WIB, roboh. Akibat kejadian itu, tujuh orang menjadi korban.

Ketujuh korban itu dibawa ke dua rumah sakit, yakni RS UKI Cawang: Joni Arisman, Rusman, Supri, Kirpan, Sarmin, dan Agus, sedangkan Waldi dirujuk ke RS Polri Kramatjati.

 

Ant.

()