Semarang, Aktual.com – Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah, meminta kasus temuan terompet yang berbahan baku kertas sampul Al Quran di sejumlah daerah, diusut tuntas kepolisian agar tidak memicu hal-hal yang mengganggu kerukunan umat beragama.

“Kami minta kasus ini diusut tuntas dengan memeriksa pihak terkait untuk mengetahui apakah ada unsur kesengajaan atau murni kekhilafan,” kata Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Jateng Muhammad Ngainirrichadl di Semarang, Selasa (29/12).

Anggota Komisi D DPRD Jateng itu mengimbau umat muslim di semua daerah untuk tidak terpancing melakukan hal-hal anarki terkait dengan kasus temuan terompet bermasalah dan menyerahkan sepenuhnya proses penyelidikan ke kepolisian.

“Kepada Kementerian Agama RI atau Kanwil Kemenag Jateng, agar melakukan koordinasi dan memastikan sisa kertas hasil produksi Al Quran sudah dimusnahkan,” ujarnya.

Ngainirrichadl juga mengapresiasi tindakan penanganan yang cepat oleh jajaran Kepolisian Daerah Jawa Tengah pada kasus temuan terompet bersampul Al Quran.

Kepolisian menyelidiki penggunaan bahan baku pembuatan terompet yang diduga sampul Al Quran yang beredar di sejumlah toko modern di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Terompet berbahan baku diduga Al Quran tersebut berawal dari temuan warga di salah satu toko modern di Kebondalem, Kabupaten Kendal.

Puluhan terompet yang belum sempat terjual diamankan di sejumlah toko modern.

Namun, tidak sedikit terompet yang diduga bermasalah tersebut telah laku terjual.

Para pengelola toko modern yang menjual terompet tersebut mengaku tidak mengetahui karena kondisinya telah terbungkus hiasan plastik.

Dari tampilannya, pada bahan baku terompet tersebut tertera tulisan Kementerian Agama RI tahun 2013 serta kaligrafi bertulisan Arab.

Dalam perkembangannya, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah mengamankan 2,3 ton kertas sampul Alquran yang diduga dipakai sebagai bahan baku untuk membuat terompet yang sempat beredar di Kabupaten Kendal. Baca juga (Polda Jateng Sita 2,3 Ton Kertas Sampul Al-Quran Sebagai Pembuat Terompet)

Penemuan terompet berbahan kertas sampul Al Quran ini, ditemukan di beberapa wilayah seperti Blora, Klaten, Demak, Pekalongan, Batang, Wonogiri, bahkan Jakarta.

(Ant)

()