Tapteng, Aktual.com – Ketua DPRD Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani meminta instansi terkait di Pemerintah Kabupaten membantu Sinta Olivia Laoly, balita usia setahun yang hanya berbobot 4,8 kilogram. Padahal normalnya balita usia itu beratnya 8-10 kilogram.

Permintaan itu disampaikan Bakhtiar saat mengunjungi kediaman Sinta di Jalan Abdul Rajak Simatupang, Dusun I, Desa Sibuluan II, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (8/4).

“Saya dan teman-teman merasa prihatin dan iba. Seyogyanya pemerintah harus aktif, Dinas Kesehatan dan pemerintah, baik bupati, camat dan lurah saya himbau sesegera mungkin membawa anak kita ini berobat biar dicek kesehatannya,” tandas Bakhtiar.

Bakhtiar mengaku terkejut dan prihatin mengetahui masih adanya balita di daerah itu yang kesehatannya belum terlayani.

Dia mengaku dalam waktu dekat akan menghubungi Kadis Kesehatan Pemkab Tapteng. “Saya akan memfasilitasi, menghubungi semuanya, termasuk agar keluarga ini mendapatkan BPJS,” klaim dia.

Jika untuk membantu pengurusan BPJS itu Pemerintah tak memiliki anggaran, Bakhtiar mengaku siap menanggungnya. “Kami minta Camat dan Lurah, untuk segera mendata dan membantu pembuatan BPJS. Kalau tidak ada di tampung di APBD, saya sendiri yang akan menanggung,” kata dia.

Bakhtiar dan anggota dewan lain datang membawa santunan untuk membantu biaya perobatan balita pasangan Onema Laoli (29) dan Nibenia Mendrofa itu.

Sementara itu, Nibenia mengaku terharu dan berterimakasih atas kunjungan itu. Dirinya berharap dirinya dan keluarganya juga dapat dibantu dalam pengurusan BPJS yang selama ini sangat diharapkan.

“Makasih kali pak, sebenarnya selama ini bingung mengapa anak saya begini. Tapi untuk membawa ke Rumah Sakit biaya tak ada, kartu BPJS juga gak ada sama sekali,” ungkap Nibenia.

Diberitakan, diduga karena mengidap penyakit atau kelainan, bayi malang, Sinta Olivia Laoli yang akan genap berusia setahun tepatnya 19 April 2016 mendatang ini, hanya memiliki berat badan 4,8 kilogram. Sejak terlahir, Sinta diketahui baik-baik saja. Hingga 2 minggu lalu saat Sinta secara mendadak tak lagi mau mengkonsumsi makanan secara normal. Secara fisik Sinta terlihat kurus dan lemah.

()