Jakarta, Aktual.com – Klub AC Milan sukses memastikan mereka dapat kembali tampil di Liga Champions setelah absen selama delapan tahun dari kompetisi paling bergengsi di Eropa itu usai berhasil menumbangkan tuan rumah Atalanta dengan dua gol penalti tanpa balas di Gewiss Stadium, Senin (24/5) dini hari WIB.

Franck Kessie sukses mengkonversi dua kesempatan tendangan penalti yang diperoleh Milan, masing-masing satu di tiap babak, untuk menyokong kemenangan 2-0 bagi Rossoneri.

Penalti pertama lahir lima menit jelang turun minum ketika Theo Hernandez dijegal oleh dua pemain Atalanta, yakni Joakim Maehle dan Cristian Romero, saat berusaha menerobos ke dalam kotak penalti tuan rumah.

Kessie mengeksekusi penalti dengan tembakan mendatar ke sisi kirinya meninggalkan kiper Pierluigi Gollini yang tak bergerak sama sekali untuk membuka keunggulan Milan pada menit ke-43.

Keunggulan susah payah dipertahankan Milan di tengah tekanan yang terus dilancarkan Atalanta hingga akhirnya pada menit pertama injury time babak kedua Milan memperoleh hadiah tendangan penalti lagi lantaran bola tembakan Hakan Calhanoglu dengan sengaja dihalau oleh Robin Gosens.

Keputusan Maurizio Mariani menunjuk titik putih menimbulkan cekcok kecil antara para pemain Milan dan Atalanta, berbuah kartu kuning untuk Rade Krunic dan Diogo Dalot sedangkan tuan rumah harus kehilangan Marten de Roon yang diganjar kartu merah.

Setelah cekcok reda, Kessie dengan dingin menyarangkan lagi bola dari titik putih untuk mengunci kemenangan 2-0 bagi Milan sekaligus tiket Liga Champions, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

(Warto'i)