Ratusan mahasiswa Universitas Mahasiswa Jakarta (UMJ) menggelar unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/9). Aksi ini diadakan untuk mengkritisi keterpurukan ekonomi. AKTUAL/ FADLAN BUTHO

Jakarta, Aktual.com – Ratusan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggeruduk Istana Negara di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (25/9) siang.

Diketahui mereka datang dengan menumpangi delapan bus yang berangkat dari Ciputat, Tangerang Selatan pada pulul 13.00 WIB.

Dengan mengenakan almamater berwarna hijau mereka yang tergabung Aliansi Mahasiwa UMJ bersatu menuntut gagalnya rezim Joko Widodo dalam menjalankan pemerintahan.

Aliansi UMJ langsung menyuarakan aksi dengan mengkritik melemahnya sektor ekonomi bangsa di depan Istana.

Namun tak lama berselang, aparat Kepolisian mengarahkan demonstran agar menyuarakan tuntutan di depan pintu barat Monumen Nasional (Monas).

Dalam aksi ini, Aliansi UMJ Bersatu membentangkan spanduk yang berisi kecaman atas tindakan represif aparat Kepolisian dalam menangani aksi mahasiswa di berbagai daerah.

Selain itu, mereka juga mengecam berbagai kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat, seperti impor pangan yang merugikan petani.

Aliansi ini merupakan gabungan dari beberapa fakultas, organ intra kampus, dan ekstra kampus. Aksi ini mendapatkan pengawalan satu kompi aparat Kapolisian Resort Jakarta Pusat atau sekitar 300 personel.

()

(Teuku Wildan)