Turki, Aktual.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya menjalin kontak erat dengan para pemimpin Rusia dan Ukraina untuk membantu meredakan ketegangan antara kedua negara tersebut. Di dalam pesawat kepresidenan di tengah perjalanan pulang dari Uni Emirat Arab (UEA), Erdogan menyatakan dirinya bakal berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang peluang pertemuan Trilateral yang melibatkan Turki, Rusia dan Ukraina.

“Dalam pertemuan kami dengan (Presiden Ukraina VolodymyrZelenskyy, dia menyatakan bahwa dia terbuka untuk pertemuan trilateral di Istanbul atau Ankara. Kami akan mencoba untuk memantau perkembangan. Perang bukanlah pertanda baik bagi kesejahteraan kawasan ini,” tegas dia,” kata Erdogan seperti dilansir dari Anadolu Agency, Rabu(16/2) lalu.

Selama kunjungan resmi dua hari ke UEA, Erdogan mengatakan dia telah melakukan pertemuan ‘sangat produktif’ dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Erdogan mengaku berhasil menandatangani 13 perjanjian di berbagai bidang dengan Mohammed bin Zayed, termasuk pertahanan, perdagangan, logistik, kesehatan, teknologi, dan perubahan iklim.

“Kami membahas langkah bersama yang dapat kami ambil untuk lebih mengembangkan hubungan antara Turki dan Uni Emirat Arab. Kami menggarisbawahi dukungan kami untuk keamanan dan stabilitas Uni Emirat Arab,” ujarnya.

(Megel Jekson)