Jakarta, Aktual.com – Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fahri Hamzah ikut mengomentari gaji yang diterima oleh anggota DPR, Krisdayanti yang nilainya cukup fantastis.

Fahri mengatakan bahwa anggota DPR RI memang sudah sepantasnya mendapatkan gaji yang lebih, karena memang mereka harus memberikan kompensasi kepada rakyatnya yang telah memilih dirinya.

“Anggota DPR itu memang harus digaji lebih, karena ada proses representasi dan konstituen,” ungkapnya saat menghadiri Podcast yang diselenggarakan oleh Deddy Corbuzier di akun YouTubenya pada Rabu (22/9).

Walaupun begitu, gaji pribadi yang diberikan kepada para legislator sudah terlalu besar ditambah lagi dengan adanya dana aspirasi yang cukup fantastis itu.

“Jadi sebenarnya kalau untuk gaji pribadi ini sudah terlalu besar, apalagi kalau dengan menambah (dana) aspirasi itu. Menurut saya menjadi problematik besar nanti jadinya,” kata Fahri.

Problematika besar yang dimaksud oleh Fahri yaitu jika uang anggaran belanja diberikan kepada anggota DPR besar kemungkinan akan ada penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan oleh mereka.

“Jika kita berikan hak belanja kepada anggota DPR ini sering terjadi penyimpangan. Ini merupakan ujung dari masalah korupsi, karena ini hulunya. Kalau kita mengatur pembiayaan politik yang benar, nanti negara akan bebas korupsi,” ungkap Fahri Hamzah.

(Rizky Zulkarnain)

(A. Hilmi)