Jakarta- Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengaku terkejut dengan ditunjuknya Komjen Tito Karnavian oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri penggenti Jenderal Badrodin Haiti.

“Kita di dewan cukup kaget dengan pilihan pak Jokowi. Saya sendiri beri apresiasi kepada presiden karena memilih yang tidak ada kontroversinya. Pak Tito jenderal termuda,” ujarnya di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (15/6).

Menurut Fahri penunjukkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini akan dapat mempercepat reformasi ditubuh POlri.

“Ini beri isyarat baik dari presiden ingin memberi percepatan reformasi dalam tubuh kepolisian. Nampaknya tidak ada halangan bagi Tito, tinggal pak Tito meyakinkan dewan akan menjadi figur yang menyatukan dari seutuh elemen di kepolisan. Baik senior junior sekalipun yang sudah pensiun,” jelasnya.

Lebih lanjut surat penunjukkan Tito yang diserahkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada pimpinan DPR ini akan segera dibahas dalam rapat pimpinan. Tahap selanjutnya DPR RI akan menggelar rapat paripurna untuk menyerahkan surat ini kepada Komisi III guna menggelar fit and propert test.

“Pagi besok akan ada rapat pimpinan, siang Bamus, agak siang sedikit kita sudah minta persetujuan rapat paripurna pembahasan kapolri diberikan di komisi tiga. Maka pekan depan komisi tiga bisa langsungkan fit and proper test. Saya kira bisa cepat,” ujarnya.

()