Jember, Aktual.com – Di gedung Labiratirium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Public Safety Centre yabg baru, sejumlah fasilitas jahh lebih representatif dibanding di gedung yang lama. Hal ini merupakan salah satu inovasi Pemkab Jember untuk memberikan layanan publik yang mumpuni. Gedung baru tersebut saat ini berada di Jalan Nusa Indah, dekat dengan Stadion Notohadinegoro. Secara simbolis, gedung ini diresmikan Bupati Jember Hendy Siswanto, Senin (28/11). Sebelumnya Labkesda berada di Jalan Dewi Sartika Kampung Tengah Kelurahan Kepatihan Kaliwates Jember.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu penunjang kesehatan kita semua, mari dimaksimalkan gedung beserta fasilitasnya. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Plt. Kadinkes dan jajarannya. Ada banyak inovasi dan aplikasi yang dihasilkan selama 2022 ini,” ungkap Bupati Hendy.

Bupati menyatakan, dengan adanya Labkesda yang baru dan ditunjang beberapa fasilitas yang memadai dibanding di tempat sebelumnya. “Gedung yang sudah oke serta beberapa tambahan fasilitas penunjang, untuk tahun depan tinggal mempertajam (melengkapi) saja,” ujar Bupati.

Selain itu, Bupati berharap kehadiran PSC juga bisa menunjang penanganan kegawatdaruratan di bidang kesehatan, nantinya PSC akan beroperasi selama 24 jam. “Perlu satu penguatan dan pemahaman kepada para driver yang kita miliki, jangan sampai ada operator tapi sopirnya ndak bisa bertugas,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, bupati juga menerangkan bahwa Labkesda Jember kini memiliki pelayanan baru. “Labkesda kini luar biasa, bisa melakukan uji kalibrasi alat kesehatan juga,” paparnya. Dengan begitu, bisa dikolaborasikan bersama dengan puskesmas, rumah sakit, dan klinik se-Kabupaten Jember.

Lebih lanjut, bupati mengungkapkan bahwa pada 2022, Jember mendapatkan berpuluh-puluh penghargaan. Itu didapat atas dasar bekerja sama. “Berkolaborasi dengan seluruh pihak, bahkan saat pandemi Covid-19 berlangsung,” pungkasnys. Ke depan, hal yang sama juga diharapkan bisa terjadi untuk penanganan kesehatan di Kabupaten Jember.

 

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)