Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, kontribusi ekspor pakaian Muslim cukup signifikan dalam neraca perdagangan di mana nilai ekspor pakaian Muslim sebesar 2,8 miliar dolar AS pada semester I-2022.

“Fesyen Muslim berperan penting dengan memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam neraca perdagangan. Tercatat cukup banyak ‘buyer’ dari berbagai negara yang hadir di acara ini. Kami berharap akan banyak pula terwujud transaksi dan kontak dagang dengan jenama Indonesia,” ujar Wamendag di Tangerang, Banten, Jumat (21/10).

Adapun neraca perdagangan hingga September 2022 tercatat 38,9 miliar dolar AS. Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat memberikan sambutan dalam Parade 3 Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di Hall 3 ICE BSD, Tangerang.

JMFW 2023 merupakan inisiasi Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Kali ini, panggung Parade 3 menampilkan fesyen Muslim karya Barli Asmara, Dear Dein x Atas Bawah, Itang Yunasz, Buttonscarves x Benang Jarum, Jenna & Kaia, dan Khanaan.

Sebelumnya, main event JMFW 2023 telah dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi kemarin. Gelaran JMFW berlangsung selama tiga hari ke depan hingga 22 Oktober 2022. JMFW 2023 akan menghadirkan pameran dagang, gelar wicara, dan penjajakan bisnis.

Pameran dagang JMFW 2023 berada di Hall 3A ICE BSD dan berlangsung bersamaan dengan TEI​​​​​ Ke-37. Terdapat beragam jenama Indonesia fesyen, aksesoris, dan kosmetik Tanah Air yang berkualitas tinggi. Selain untuk “business-to-business”, pameran tersebut melayani ritel.

“Pengunjung TEI tidak hanya bisa melihat, tapi bisa membeli. Mari kita bangga buatan Indonesia. Namun, tidak hanya bangga, tetapi sekaligus membeli dan memakai,” ujar Wamendag Jerry.

Jerry mengungkapkan Kementerian Perdagangan berkomitmen menyediakan jalan tol melalui berbagai perjanjian perdagangan dengan negara lain sehingga produk Indonesia dapat lebih mudah masuk ke negara lain.

Perjanjian perdagangan terkini yang telah selesai diratifikasi salah satunya Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA).

IUAE CEPA diharapkan dapat lebih membuka akses pasar ke Uni Emirat Arab dan sekitarnya.

Kementerian Perdagangan mendorong penjajakan bisnis antara “buyer” dan jenama Indonesia untuk mendorong pemasaran produk fesyen Muslim ke luar negeri pada JMFW 2023.

Dorongan ini diwujudkan pemerintah melalui penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-37.

Wamendag mengapresiasi segenap jenama Indonesia, desainer, tim pelaksana, dan seluruh pihak yang mendukung JMFW 2023, termasuk memberi apresiasi para sponsor atas komitmennya menyukseskan JMFW 2023 dan mendorong produk Indonesia “go global”.

(As'ad Syamsul Abidin)