Jakarta, Aktual.com – FIFA mengesahkan perpindahan federasi pesepak bola naturalisasi Sandy Walsh dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Diunggah di laman PSSI, Selasa (29/11), pernyataan FIFA terkait hal tersebut dituangkan dalam surat resmi bernomor Ref FPSD-8308 yang ditandatangani Kepala Status Pemain FIFA Erika Montemor.

Dengan demikian, Sandy Walsh berhak memperkuat tim nasional Indonesia di semua laga atau kompetisi internasional yang diakui FIFA termasuk Piala AFF 2022.

Namun, berbeda dengan Sandy, pemain naturalisasi lainnya Jordi Amat belum diakui perpindahan federasinya dari RFEF (Spanyol) ke PSSI. PSSI menyatakan, prosesnya masih menunggu keputusan dari FIFA.

Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) seusai melakukan pengambilan sumpah janji setia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Jakarta, 17 November 2022.

Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) merupakan pesepak bola berposisi bek keturunan Indonesia yang lama berkarier di Eropa.

Jordi sempat memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Sementara Sandy Walsh adalah pesepak bola yang belum pernah berkarier di luar Belgia. Saat ini, bek kanan itu tercatat sebagai pemain KV Mechelen di Liga Belgia.

Kedua pemain tersebut dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 di Bali mulai 28 November 2022.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad “Garuda”.

(As'ad Syamsul Abidin)