Kegiatan ini merupakan aksi simpatik untuk mengajak masyarakat agar peduli dan memerangi persebaran informasi hoax yang marak di media sosial. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Forum Keamanan Siber dan Informasi (Formasi) menyarankan masyarakat luas menggunakan filter “socrates” untuk menangkal berita bohong atau hoaks.

Koordinator Formasi Gildas Deograt Lumy mengatakan masyarakat bisa mengaplikasikan tiga filter “socrates” yang terkenal untuk menangkal kabar bohong.

“Kita dapat mengaplikasikan tiga filter ‘socrates’ yang sangat terkenal sebelum membagikan informasi kepada orang lain untuk tidak terjebak hoaks,” katanya, Rabu (28/2).

Secara sederhana, Gildas menyebut upaya filter “socrates” sebagai langkah penyaring informasi dengan B3 yang terdiri atas langkah Benar, Baik, dan Berguna.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar sebelum memviralkan suatu informasi yang didapat, seseorang harus memastikan apakah informasi tersebut benar adanya.

“Kita pastikan dulu tiga hal ini. Apakah yakin kalau informasi tersebut adalah kebenaran? Apakah informasi tersebut adalah kabar baik bagi orang yang menerima informasi? Apakah berguna bagi orang menerima informasi?” katanya.

(Andy AbdulHamid)