Jakarta, Aktual.com – Tim nasional (timnas) sepak bola Belanda berhasil menggagalkan kemenangan timnas Jerman yang sudah di depan mata dengan dua gol pada lima menit terakhir pertandingan ketiga Grup 1 Liga A di Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman, Selasa (20/11) dini hari tadi.

Dua gol ini membuat Jerman harus terdegradasi ke Liga 2 pada musim beruikutnya dan menyingkirkan juara dunia Perancis dari fase grup.

Dua gol Belanda dicetak oleh Quincy Promes pada menit ke-85 dan sepakan voli jarak dekat Virgil van Dijk pada masa injury time. Sebelumnya tuan rumah berhasil unggul 2-0 melalui gol Timo Werner dan Leroy Sane.

Dengan demikian, Belanda menyusul Swiss, Inggrsi dan Portugal yang telah lolos ke putaran final sebelumnya. Putara final sendiri akan dilaksanakan di Portugal pada Juni tahun depan.

Belanda memuncaki klasemen Grup 1 Liga A meski menyelesaikan perjalanannya dengan koleksi tujuh poin yang sama dengan Prancis, namun tim Oranje memiliki catatan head-to-head yang lebih baik.

Jerman, yang tersingkir di fase grup pada Piala Dunia pada Juni dan ini merupakan kekalahan keenam dalam enam tahun ini, finis di posisi terakhir dengan hanya mengoleksi dua poin.

Namun lini depan muda mereka yang bergerak cepat, dijuluki The Moped Gang, terlihat menjanjikan dan menghidupkan permainan ketika Werner (22) dan Sane, ditambah Serge Gnabry (23), meneror pertahanan Belanda dengan kecepatan mereka, khususnya pada babak pertama.

Mereka telah memperlihatkan potensinya saat menang 3-0 atas Rusia dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung pada Kamis, ketika pelatih Joachim Loew melakukan sejumlah perubahan setelah Jerman tersingkir di Piala Dunia dan terdegradasi di Nations League.

Jerman membuka keunggulan pada menit kesembilan, ketika Werner mengendalikan operan dengan kepalanya dan kemudian melepaskan tembakan dari jarak 20 meter setelah bola turun dari luar kotak penalti.

Sane menyelesaikan pergerakan yang hampir serupa pada menit ke-20, ketika bergerak mengejar operan Toni Kroos dan melesakkan gol kedua di malam itu dengan tembakan yang terdefleksi dari tepi kotak penalti.

Gnabry hampir mengemas gol ketiga dengan sundulan kepala pada menit ke-40, dan Werner mampu mengungguli pengawalnya namun tembakannya melebar pada menit ke-60, ketika Belanda masih kesulitan menembus pertahanan lawannya dan tetap ompong di lini depan sampai Promes memperkecil ketertinggalan.

Mereka kemudian menyamakan kedudukan melalui Van Dijk untuk mengamankan tempat di putaran final kompetisi di Portugal.

Susunan pemain

Jerman (3-4-3): Neuer, Suele, Hummels, Ruediger, Kehrer, Kimmich, Kroos, Schulz, Gnabry (Mueller 66′), Werner (Reus 63′), Sane (Goretzka 80′)

Belanda (4-3-3): Cillesen, Tete, De Ligt, Van Dijk, Blind, De Roon, Wijnaldum (Vihena 60′), De Jong, Promes, Depay, Babel (Dilrosun 45′ (Luuk de Jong 66′))

Ant.

(Teuku Wildan)