Jakarta, Aktual.com — Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, (atau akrab disapa Owi/Butet), sukses menembus putaran final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2016 setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan pada semifinal.

“Kami bermain lebih tenang dan memperhatikan pola permainan lawan sehingga mengetahui cara menghadapi mereka,” ujar Owi di Wuhan, Tiongkok, seperti tercantum dalam situs resmi PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang dipantau Aktual.com, di Jakarta, Sabtu (30/04).

Owi/Butet menang atas wakil Korea Selatan Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung 21-16, 21-13 dalam pertandingan semifinal selama 35 menit.

Owi mengaku beberapa poin sempat melakukan kesalahan sehingga menguntungkan pasangan Shin/Chae pada pertemuan pertama kedua pasangan itu.

“Pada game pertama, kami tetap fokus dengan permainan kami sambil tetap mencari pola tepat mengatasi mereka. Ini adalah pertemuan pertama kami dengan mereka,” ujar Butet.

Pada putaran final kejuaraan setingkat turnamen super series itu, Owi/Butet akan menghadapi musuh bebuyutan mereka Zhang Nan/Zhao Yunlei yang merupakan pasangan unggulan pertama asal Tiongkok.

“Jarak perolehan skor kami pada beberapa pertemuan terakhir dengan mereka tidak begitu jauh seperi pada Kejuaraan Dunia 2015. Mungkin kami kurang tenang saat menghadapi mereka dan kami harus antisipasi itu,” kata Butet.

Kedudukan Owi/Butet dengan Zhang/Zhao dalam 17 kali pertemuan adalah 5-12. Pasangan Tiongkok itu juga menang berturut-turut dalam tujuh pertemuan sebelumnya. Pertemuan terakhir mereka yaitu pada Korea Terbuka 2015 dengan kekalahan kubu Indonesia 16-21, 15-21.

“Kami harus lebih fokus dan menjaga ketenangan bermain selain tetap menjaga kondisi fisik,” kata Owi.

()