Jakarta, aktual.com – Kelompok Perempuan (KOPER) UMKM 4.0 terus gencar melakukan kampanye positif dengan menggelar sejumlah pelatihan dan pembekalan bagi para wanita Pra Sejahtera dalam rangka membina sektor UKM.

Salah satunya, dengan memberikan pelatihan pembuatan bakso dan pempek di Depok, Jawa Barat.

“Kami memberikan pelatihan dan binan pada hari ini sesuai arahan Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo yang waktu deklarasi Maret lalu hadir kepada relawan Koper UMKM,” kata Ketua Umum Koper UMKM 4.0 Nita Yudi disela-sela kegiatannya, Sabtu (13/4).

“Jokowi juga menyampaikan agar terus mengkampanyekan dan mengajak para Wanita Pra Sejahtera untuk mau berusaha supaya kemiskinan di Indonesia terus berkurang,” tambahnya dengan merujuk data BPS, pada September 2018 angka kemiskinan Indonesia turun menjadi 9,66 persen atau setara dengan 25,67 juta penduduk.

Atas dasar itu, Nita mengaku dengan adanya UKM baru organisasi relawan Jokowi-Amin ini optimis kemiskinan di Indonesia akan terus berkurang.

Masih dikatakan dia, pada pelatihan ini kami juga mengajarkan kepada wanita-wanita cara melakukan pemasaran yang baik melalui online maupun offline, hingga cara membuat design yang baik agar dapat diminati pembeli nantinya.

Selain di Depok, Nita mengungkapkan, pelatihan ini sudah dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Lantaran, relawan dan jaringan Koper UMKM 4.0 sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Di semua provinsi sudah ada, melalui kampanye ini sangat banyak manafaatnya bagi masyarakat dan kami yakin Jokowi-Ma’ruf Amin menang karena dalam lima tahun terakhir ini, perhatian yang besar dari Jokowi untuk UMKM, juga para pengusaha perempuan, sehingga kami mendapat kemudahan dan bantuan dalam permodalan, juga pemasaran,” ujarnya.

Ia pun berharap kontestasi Pilpres 2019 ini dapat mengantarkan kembali Jokowi sebagai presiden Indonesia, sehingga dukungan terhadap UMKM bisa lebih dahsyat lagi untuk bersama menuju Indonesia yang lebih maju.

“Kami mohon Pak Jokowi untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya agar perempuan UMKM Indonesia menjadi lebih tangguh dan berdaya saing, semua ini untuk ekonomi keluarga menuju Indonesia Maju Indonesia optimis,” pungkas dia.

(Zaenal Arifin)