Jakarta, Aktual.com — Pemerintah menyiapkan Paket Kebijakan Ekonomi III berupa stimulus dan insentif jangka pendek dan panjang kepada rakyat dan dunia usaha yang diharapkan dapat diterbitkan awal Oktober 2015.

“Di rapat terbatas (ratas) ini akan kita tindak lanjuti untuk paket ekonomi yang ketiga yang pada awal minggu depan saya harapkan sudah dapat dikeluarkan lagi,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (1/10).

Menurut Presiden, dalam Paket Kebijakan Ekonomi III untuk jangka pendek, perlu dilihat apakah memungkinkan untuk menurunkan bunga bank dengan langkah efisiensi di bank. “Tolong itu dihitung,” ucap Presiden, menegaskan.

Sementara terkait peningkatan daya beli masyarakat, Presiden meminta agar proyek padat karya digencarkan. Ia mencontohkan di Kementerian PU ada dana untuk proyek irigasi, demikian juga di Kementan.

Menurut Presiden, proyek padat karya dapat digencarkan dengan dana desa, sehingga ia meminta Mendagri fokus mendorong penggunaan dana desa untuk proyek padat karya.

Ia menyebutkan proyek irigasi di Karawang sudah betul, namun belum melibatkan banyak orang.

Presiden juga menyebutkan perlunya restrukturisasi UKM. “Dalam jangka pendek masih kita perlukan untuk bisa menangkap secara prositif bahwa ada upaya pemerintah yang konkret,” tuturnya.

Presiden juga meminta agar harga BBM diitung lagi agar dapat diturunkan lagi. “Pertamina agar menhitung lagi, apakah premium masih mungkin diturunkan lagi, meskipun sedikit,” tukasnya.

Tampak hadir dalam rapat terbatas itu antara lain Seskab Pramono Anung, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menperin Saleh Husin, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mulsidan Baldan, Menkeu Bambang Brodjonegoro.

()

(Arbie Marwan)