Gempa Bumi Dangkal
Gempa bumi dangkal mengguncang Sukabumi/DOK/NET

Sukabumi, Aktual.com – Gempa bumi dangkal dengan magnitudo 4,0 yang berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sekitar pukul 20.11 WIB sempat mengejutkan warga.

“Durasi gempa memang tidak lama sekitar 1-2 dua detik saja, tetapi getarannya sempat mengejutkan kami yang sedang berkumpul bersama anak dan istri di ruang keluarga,” kata salah seorang warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Rudiansyah, di Sukabumi, Selasa (28/2).

Seorang warga lainnya di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Mega Okstora, mengaku saat terjadi gempa bumi dangkal, dirinya sedang menidurkan anak semata wayangnya di kamar.

Ia mengaku tanpa berpikir panjang langsung bergegas keluar rumah karena khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik menuturkan getaran gempa yang berpusat di Kabupaten Sukabumi dirasakan sebagian besar warga setempat.

“Kami belum menerima informasi adanya kerusakan bangunan, baik fasilitas umum, rumah warga, fasilitas agama, dan lainnya. Namun demikian personel penanggulangan bencana hingga saat ini masih di lapangan untuk melakukan pendataan,” tuturnya.

Dihubungi secara terpisah, Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan dampak gempa ini sehingga belum bisa menyebutkan apakah ada kerusakan atau tidak.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa M4,0 berada di koordinat 7.03 LS dan 106.64 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 3 km.

(Wisnu)