Gerakan Panrannuangku Dukung Ganjar sukses menggelar lomba balap motor ojek gabah di area persawahan Desa Cakura, Kecamatan Polombangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan
Gerakan Panrannuangku Dukung Ganjar sukses menggelar lomba balap motor ojek gabah di area persawahan Desa Cakura, Kecamatan Polombangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan

Takalar, Aktual.com – Gerakan Panrannuangku Dukung Ganjar sukses menggelar lomba balap motor ojek gabah di area persawahan Desa Cakura, Kecamatan Polombangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu (9/12).

Koordinator Wilayah Gerakan Panrannuangku Takalar, Ichsan Daeng Bella menjelaskan bahwa lomba ini dilaksanakan untuk merayakan hasil panen padi yang melimpah.

“Jadi, sekarang ini kami lagi bersama para petani di Desa Cakura untuk melaksanakan lomba motor ojek gabah. Ini untuk memeriahkan acara setelah panen,” kata Icsan.

Para peserta lomba merupakan warga yang kesehariannya bertani atau menjadi buruh angkut gabah. Mereka menggunakan sepeda motor modifikasi khusus untuk membawa muatan gabah.

Lomba pun berjalan seru dan menyenangkan. Para peserta harus melewati sejumlah trek balap berlumpur di area tanah sawah yang hanya dibatasi tali plastik.

“Lomba ini diikuti oleh puluhan peserta ojek gabah. Dimana kami juga memberikan bermacam-macam hadiah untuk memeriahkan kegiatan kali ini,” jelas Icsan.

Lebih lanjut, Icsan menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar juga untuk menjaga tradisi masyarakat desa dalam merayakan hasil panen yang melimpah.

“Ini upaya untuk menjaga tradisi pascapanen, untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama petani, sesama masyarakat agar silaturahminya tidak putus. Kegiatan ini memang untuk kebersamaan masyarakat di Desa Cakura,” katanya.

Lomba balap ini pun berhasil menyita perhatian warga sekitar. Ratusan warga nampak bersemangat menyaksikan jalannya perlombaan dari pinggir sawah. Meski sempat diguyur hujan, mereka tetap antusias memberikan dukungan kepada peserta.

Relawan pendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ini pun berkomitmen untuk terus mendukung kalangan petani dalam berbagai kegiatan.

“Setelah kegiatan ini kan kita sudah tanam padi, insyaallah kami juga akan membersamai masyarakat petani untuk ikut serta dalam mensukseskan dan melancarkan pertanian ini, supaya lebih maju dan makin sukses,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Cakura, Muhammad Yamin mengatakan lomba balap yang diinisiasi oleh relawan berguna untuk memberikan semangat pada kalangan petani untuk menyambut musim tanam yang akan datang.

“Manfaatnya buat warga di sini lebih bersemangat lagi. Kita di sini sebagian besar petani. Ini sangat membawa efek semangat untuk lebih giat lagi di pertanian,” kata Yamin.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan

Tinggalkan Balasan