Alumni UI aksi di depan Gedung Bawaslu
Alumni UI aksi di depan Gedung Bawaslu

Jakarta, Aktual.com – Ratusan massa yang mengaku tergabung dalam organisasi alumni Universitas Indonesia (UI) sore tadi Selasa (7/5) melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Bawaslu.

Menggunakan Almamater Kuning Khas UI, massa meminta agar Bawaslu mengusut tuntas penyebab meninggalnya ratusan KPPS yang meninggal.

“Tolong selidiki apa penyebab kematian petugas KPPS sudah sampai 500 orang. Ini hal memalukan, Indonesia negara demokrasi terbesar di dunia. Petugas KPPS mati 500 orang nggak ada yang menyelidiki,” ujar koordinator aksi Alumni UI, Kemal, saat berorasi.

Kemal mengatakan pihaknya tidak percaya bila para petugas KPPS meninggal karena kelelahan. Karena itu massa meminta agar segera diungkap.

“Mati karena lelah itu tidak mungkin, UI ada fakultas Kedokteran. Orang lelah nggak mungkin langsung mati. Jumlahnya ada 500 orang ini harus diungkap,” katanya.

Selain itu, mereka juga meminta Bawaslu untuk memeriksa KPU terkait adanya isu kecurangan dalam pemilu. Menurutnya pemilu harus berlaku jurdil dan bersih.

“Kami juga menuntut agar pemilu menjaga demokrasi. Jurdil dan bersih. Hentikan kecurangan yang dilakukan KPU. Bawaslu berhak melakukan pengecekan ke KPU. Kita tak mihak siapa-siapa, tapi kita mau jurdil siapa lagi yang kita minta selain bawaslu,” jelasnya.

(Arbie Marwan)