Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengibarkan Bendera Merah Putih saat upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangkaian Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8). HUT ke-73 RI mengambil tema Kerja Kita Prestasi Bangsa. AKTUAL/Pool

Jakarta, Aktual.com – Garda Pemuda NasDem merayakan HUT Republik Indonesia ke-73 dengan mengadakan ‘Ziarah Kebangsaan’ di sejumlah lokasi makam pahlawan serta tempat bersejarah yang tersebar di seluruh penjuru nusantara.

Kegiatan sembari mengenang jasa para pahlawan dan syuhada bangsa yang terdahulu ini dilakukan serentak pada Kamis (16/8) bersama seluruh DPW, DPD GP NasDem se-Indonesia menurut agama kepecayaannya masing-masing.

Berbeda dari perayaan HUT RI pada umumnya, GP NasDem memilih ziarah untuk mengenang para pahlawan dengan cara yang berbeda.

Chepy Aprianto, Ketua Bidang Agama DPP GP NasDem yang merupakan koordinator dan inisiator kegiatan ini memberikan empat alasan dipilihnya ziarah di HUT RI tahun ini.

Pertama, untuk mendoakan para syuhada yang gugur dimedan perang, merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Kedua menumbuhkan semangat patriotisme di kalangan GP NasDem se-Indonesia, untuk  mengambil semangat mereka yang rela mengorbankan jiwa dan raganya.

1
2