Jakarta, Aktual.com – Kepulan asap terlihat dari gudang ikan yang terbakar di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara terbakar pada Senin (16/5) malam.

Kepala Peleton Grup A Pemadam Kebakaran Penjaringan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Jasman mengatakan situasi kebakaran tidak membahayakan, namun percikan api akibat korsleting listrik itu sempat merembet ke barang di lantai dua gudang penyimpanan ikan beku tersebut.

“Diawali dari penyalaan korsleting listrik dari informasi awal yang kami terima pukul 19.24 WIB, terjadi percikan di dalam cold storage,” kata Jasman.

Di dalam gudang tersebut tersimpan produk ikan beku yang sudah dimasukkan ke dalam kardus.

Ketika terjadi korsleting listrik yang diduga dari lampu di lantai dua, percikannya merembet ke kardus sehingga terjadi penyalaan api.

“Percikan apinya mengenai kardus hingga akhirnya terjadi penyalaan. Korsleting dari lampu, di lantai dua,” ujar Jasman.

Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan ke lokasi dengan total pengerahan personel berjumlah 20 orang untuk pemadaman. Proses pemadaman berlangsung dari 19.30 WIB hingga pukul 20.30 WIB.

“Unit yang diterjunkan empat unit, total personel 20 orang. Kendala pemadaman tidak ada, kami hanya mencoba mencari titik api sebetulnya, situasinya tidak membahayakan,” ungkap Jasman.

Menurut Jasman, petugas di lokasi sedang berupaya meminimalkan sisa asap yang mengepul dari lokasi kebakaran. Pihaknya belum mendata total kerugian akibat peristiwa ini.

“Kami minimalisir dengan dua alat blower disiapkan perusahaan cold storage ini, mereka sudah siap apabila terjadi kebakaran,” ucap Jasman pula.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)