Jakarta, Aktual.com — Arus balik pejalan kaki yang akan menyeberang ke Merak, Banten, mulai memadati Pelabuhan Bakauheni Lampung pada H+2 Lebaran 2015. Saat ini yang mengalami peningkatan sebagian besar adalah penumpang pejalan kaki, pengendara roda empat dan roda dua.

“Saat ini arus balik pemudik mulai padat dan terus mengalir. Penumpang pejalan kaki lebih padat saat ini,” kata General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Tomy L Kaunang, di Bakauheni, Senin (20/7).

Menurut dia, untuk pemudik dari arah sebaliknya atau dari Jawa menuju Sumatera justru lebih sepi karena sebagian besar telah berangkat pada saat arus mudik sebelum Lebaran.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, pemudik pejalan kaki sejak pagi hingga sore memadati pelabuhan itu karena menunggu kapal sandar, yang akan mengangkut mereka menuju Merak Banten.

Penumpang pejalan kaki menunggu di “gangway” rata-rata satu jam baru masuk kapal sehingga mereka memadati jembatan menuju kapal tersebut. Antrean penumpang pejalan kaki tersebut terjadi di loket, gangway dermaga I, II dan III.

()

(Wisnu)