Jember, Aktual.com – Berbagai upaya dilakukan sejumlah pihak untuk mempercepat pemulihan di berbagai bidang pasca pendemi beberapa waktu lalu. Tak terkecuali sektor pariwisata yang memiliki potensi tinggi untuk percepatan ini. Himpunan Anak Media (HAM) Jakarta melakukan kolaborasi untuk gerakkan pariwisata di Jember, dengan merangkul sejumlah pihak lain, seperti Dafam Group yang merupakan salah satu perusahaan di bidang perhotelan.

Arief Suharto, Ketua HAM menyatakan bahwa kedatangannya bersama 25 anggotanya yang merupakan jurnalis nasional dan berkantor pusat di Jakarta datang ke Jember untuk membangkitkan serta memulihkan kembali pariwisata di kota yang terkenal dengan sebutan kota festival ini.

Menurut Arief, mengexplore potensi wisata di setiap daerah, merupakan komitmen HAM yang dalam setiap merayakan hari jadinya, sehingga pada HUT ke 15 ini, HAM ingin melakukan perjalanan jurnalistik secara llangsung di Kabupaten Jember.

“HAM ingin mengeksplorasi di kota yang mempunyai festival internasional seperti JFC, terlebih Jember kaya akan potensi pariwisata dan produk ekonomi kreatif, dan HAM akan ambil bagian untuk menyampaikan pesan ke dunia, bahwa Kabupaten Jember siap menerima kunjungan wisatawan sebagaimana jargonnya yakni Jember Kereen,” ujar Arief saat menerima jamuan gala diner dari Bupati Jember Hendy Siswanto di Pendopo Wahya Wibawa Graha pada selasa malam (22/11) lalu.

Arief menambahkan, HAM siap berkolaborasi dan berakselerasi dengan pemerintah Kabupaten Jember dan stakeholder yang ada untuk membantu memulihkan perekonomian terutama dibidang pariwisata secara cepat dan berkembang tangguh lagi.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya ke HAM dan juga Dafam Hotel Management yang telah membawa teman-teman jurnalis dari Ibu Kota berkenan berkunjung ke Jember.

Menurut Bupati, Media adalah jendela dunia, dan jendela dunia itu ada di HAM, meski rumah dihias sebaik mungkin, jika tidak ada jendelanya juga tidak akan terlihat dari luar. “Media adalah jendela dunia, jendala dunia ini adalah HAM, kabupaten kami hanya mempunya jendela dan rumah (daerah) yang bagus, tapi kalau jendelanya tidak dibuka, maka tidak akan nampak, dan HAM ini yang bertugas untuk membukanya,” ujar Bupati Jember.

Dengan adanya awak media dari Jakarta bertamu ke Jember, Bupati Hendy menekankan, sudah saatnya Kabupaten Jember berbenah. Dengan tiga pilar utama yaitu, berkolaborasi, bersinergi dan akselerasi.

“Cara mengakselerasi Jember adalah dengan branding. Jember tak perlu malu untuk membranding dengan suatu event yang sudah eksis, sebut saja seperti Jember Fashion Carnaval, terus memanfaatkan momentum Piala Dunia Qatar 2022, kemudian membonceng event Jember Kota Cerutu Indonesia, dan seterusnya,” pungksa Bupati.

Dalam jamuan tersebut, Bupati juga menghibur anggota HAM dengan tampilan para talent JFC (Jember Fashion Carnival) dan juga tarian khas Kabupaten Jember.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)