abai, bawang dan tomat digelar pedagang di Pasar Mardika, Kota Ambon (John Soplanit) (John Soplanit/)
abai, bawang dan tomat digelar pedagang di Pasar Mardika, Kota Ambon (John Soplanit) (John Soplanit/)

Ambon, aktual.com – Harga bawang dan cabai yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon memasuki hari keempat di bulan Februari 2020 kini mulai bergerak naik cukup tajam jika dibanding dengan dua hari sebelumnya.

Di lokasi pasar Mardika dan Batu merah, Selasa (4/2), para pedagang menawarkan harga bawang merah maupun bawang putih rata-rata Rp48.000/Kg, atau naik dari sebelumnya Rp40.000/Kg.

Yanto, pedagang pasar Mardika, mengatakan ke depan harga bawang  bisa menembus Rp50.000/Kg, sebab harga di pasar utama seperti Surabaya dan Makassar juga naik.

“Apalagi masuk Ambon pasti terjadi perubahan, sebab terkait ongkos transportasi maupun buruh pelabuhan saat pembongkaran,” ujarnya.

Jully (50), seorang pembeli bawang merah mengatakan, harga bawang merah memang sudah naik sejak hari kemarin, dan memang cukup mahal sebab tiga hari yang lalu masih dapat dibeli dengan harga Rp44.000/Kg untuk bawang merah dan bawang putih Rp40.000.

“Cukup mahal memang, mudah-mudahan harga ini bisa bertahan atau paling tidak turun sedikit,” ujarnya.

Naiknya harga bawang juga diikuti oleh harga cabai rawit yang biasanya dipatok Rp50.000 hingga Rp55.000, kini naik dan bervariasi dari Rp65.000 hingga Rp75.000/Kg, sedangkan cabai keriting panjang naik dari Rp35.000 menjadi Rp40.000/Kg.

Yanto mengatakan, belum mengetahui pasti akan ada perubahan lagi atau belum sebab pasokan cabai yang dijual sekarang ini dibeli dari petani asal Kobi Sonta, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan  Namlea, Kabupaten Pulau Buru.

(Eko Priyanto)