Bandar Lampung, aktual.com – Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Bandar Lampung masih mengalami kenaikan bervariatif akibat terbatasnya pasokan cabai.

“Harga cabai merah masih berkisar Rp56.000 hingga Rp58.000 per kilogram, karena stok cabai di Pasar Induk kosong,” ujar Leman, salah seorang pedagang Pasar Kota Karang, di Bandar Lampung, Selasa (14/1).

Ia mengatakan tidak tersedianya stok cabai di Pasar Induk telah mempengaruhi harga cabai merah di pasaran.

“Kemarin harga cabai merah sempat turun menjadi Rp48.000 per kilogram, namun karena hari ini stok dari Pasar Induk kosong, harganya naik lagi,” katanya.

Harga cabai merah yang masih melambung telah terjadi sejak sebelum perayaan Tahun Baru, dengan kisaran harga Rp60.000 hingga Rp75.000 per kilogram.

“Harga cabai sudah naik sejak sebelum Tahun Baru sampai saat ini, bahkan harga cabai sempat naik hingga Rp75.000 per kilogram, karena cuaca buruk sebab rata-rata cabai merah dikirim dari pulau Jawa,” kata Ratna, salah seorang pedagang di pasar Kangkung.

Menurut dia, harga cabai merah saat ini masih berkisar Rp58.500 hingga Rp60.000 per kilogram

“Harga masih naik karena pasokan terbatas, dan kemungkinan harga belum stabil hingga beberapa hari ke depan, terlebih ada cuaca buruk,” katanya.

(Eko Priyanto)