Calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian (ketiga kiri) memberi hormat didampingi lima pimpinan DPR saat rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/6). DPR mengesahkan pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri dalam sidang paripurna tersebut. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./aww/16.

Jakarta, Aktual.com- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Tito Karnavian dipastikan akan dilantik menjadi Kapolri usai Hari Bhayangkara 1 Juni 2016.

“Pelantikan Kapolri nanti setelah hari Bhayangkara,” kata Sekretaris Negara Pramono Anung, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/6).

Pram belum menyebutkan tanggal pasti pelantikan mantan Kepala Detasemen Anti Teror 88 ini. Seperti diketahui rapat paripurna DPR RI hari ini memutuskan menerima pencalonan Tito sebagai Kapolri ususlan Presiden Joko Widodo.

Pencalonan Tito cukup mengejutkan banyak pihak mengingat, nama Jenderal lulusan Akpol 1983 itu tak masuk dalam daftar Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti).

Tito juga sudah dinyatakan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR. Proses di Komisi III itu pun sudah dibawa ke Rapat Paripurna DPR dan disahkan pada Senin siang tadi.

()