Pengunjung memadati kawasan wisata Monas di Jakarta, Kamis (21/9/2017). Kawasan Monumen Nasional (Monas) ramai pengunjung dan menjadi pilihan warga untuk menikmati suasana libur Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Kawasan Monumen Nasional (Monas) ramai dikunjungi warga Jakarta dan wisatawan dari luar daerah, pada hari pertama Idul Fitri 1439 H.

Berdasarkan pantauan di kawasan Monas, Jumat sore, para pengunjung segala usia asyik mengambil foto dengan latar belakang Tugu Monas, berjalan-jalan, atau duduk-duduk di rerumputan sekeliling monumen tersebut bersama keluarga dan kerabat.

Salah seorang pengunjung, Anas, mengunjungi Monas untuk meluluskan permintaan anak lelakinya yang belum pernah melihat Tugu Monas secara langsung.

“Dulu sebelum punya anak saya sudah ke sini, kira-kira 10 tahun yang lalu. Anak saya kan baru tujuh tahun, belum pernah dia,” kata Anas.

Selain Monas, pria asal Jawa Timur yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat, itu juga ingin mengisi liburan Idul Fitri dengan mengunjungi Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta.

Lain halnya dengan Yani, perempuan 26 tahun yang datang jauh-jauh dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Yani yang hampir setiap tahun berkunjung ke Monas mengakui kawasan tersebut sebagai objek wisata favoritnya di Jakarta.

“Monas ini kan terkenal banget, kalau sudah sore cuacanya juga adem,” ujar dia.

Yani dan teman-temannya juga penasaran untuk melihat pertunjukan air mancur menari yang akan dinyalakan pada malam hari selama libur Lebaran, 16-24 Juni 2018.

Pada hari pertama Idul Fitri tahun ini Monas dibuka pada pukul 11.00-22.00 WIB, sementara jam buka pada Sabtu (16/6) dan Minggu (17/6) akan kembali normal pada pukul 08.00-22.00 WIB.

(Nebby)