Jakarta, Aktual.com – Media Survei Nasional (Median) melansir hasil survei terbarunya untuk Pilkada DKI Jakarta 2017, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/10).

Popularitas bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dinilai kurang popular di masyarakat pemegang hak suara di Jakarta. Sandiaga menempati urutan kelima dari enam bakal calon lainnya.

“Popularitas Sandiaga mendapatkan angka 70,0. Ini masih menjadi pekerjaan rumah untuk menaikkan menjadi 80 persen,” kata Peneliti Senior Median, Rico Marbun saat merilis hasil surveinya.

Sedangkan pasangan Sandiaga, Anies Baswedan popularitasnya diatasnya persis. Popularitas Anies di masyarakat DKI Jakarta mendapat angka 73,8 persen. “Angka ini belum popular sebagai pasangan calon,” kata dia.

Menurut Rico, pasangan Anies-Sandi masih punya pekerjaan rumah untuk mendongkrak popularitas mereka setidaknya menjadi 80 persen. “Jika itu bisa dilakukan oleh keduanya, ini menjadi modal besar mereka untuk menyalip pasangan pelawan,” tambah dia.

Urutan teratas masih didaulat oleh cagub petahana Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang mendapat 95,4 persen. Sementara diurutan kedua ditempati oleh bakal calon gubernur Agus Harimurti Yudhoyono yang mendapatkan nilai 78,4 persen.

Sedangkan diperingkat ketiga ditempati oleh Djarot Saiful Hidayat dengan perolehan 76,6 persen. Sedangkan diurutat paling buncit ditempati oleh pasangan Agus, yakni Sylviana Murni dengan 50,2 persen.

Hasil ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Media Survei Nasional (Median) pada 26 September-1 Oktober 2016 dengan target sampel 500 responden. Sedangkan margin of error sebesar +/- 4,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

*Fadlan Syiam Butho

()