Close-up of female patient having her teeth examined by specialist. [url=http://www.istockphoto.com/search/lightbox/9786662][img]http://dl.dropbox.com/u/40117171/medicine.jpg[/img][/url]

Jakarta, Aktual.com – Sakit gigi umumnya diakibatkan karena gigi berlubang, munculnya bakteri pada gigi, dan lainnya. Kegiatan sehari-hari bisa sangat terganggu dan bisa membuat emosi menjadi tidak stabil.

Sakit gigi juga bisa menimbulkan sakit kepala hebat, sakit tak tertahankan pada gigi, dan sulit untuk mengunyah.

Beberapa jenis makanan harus dihindari jika tidak ingin memperparah sakit gigi yang dialami. Berikut ini 4 jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat sakit gigi menurut JPNN.

1. Biskuit

Makanan ringan seperti biskuit bisa memicu sakit gigi serta harus dihindari untuk mengonsumsi biskuit saat sakit gigi.

Di dalam biskuit, ada kandungan karbohidrat olahan yang berubah menjadi gula dan menjadi makanan untuk bakteri dalam mulut.

2. Roti Putih

Roti putih ternyata memiliki bahaya seperti permen. Penyebabnya adalah kandungan dari roti putih mengandung karbohidrat sederhana yang nantinya berubah menjadi gula saat diubah oleh liur.

Saat terselip di gigi, sisa kunyahan roti dapat menimbulkan bakteri untuk bersarang dan berkembang biak.

3. Keripik Kentang

Camilan ini paling digemari oleh banyak orang. Keripik kentang adalah salah satu makanan yang harus dihindari saat sakit gigi.

Kandungan pati dalam keripik kentang berubah menjadi gula dan bisa tertinggal dalam gigi serta nantinya memberi makan bakteri pada plak.

4. Buah Kering

Meskipun sekilas sama, buah kering berbeda dengan buah segar.

Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lain yang dikeringkan punya rasa yang sangat manis dan lengket. Oleh karena itu, buah kering harus dihindari saat sakit gigi karena bisa memperparah sakit gigi.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)