Jakarta, Aktual.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kampung halaman, Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) menggadakan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (12/6/2021).

Acara yang digelar di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan ini dihadiri ketua Umum HMKI Minola Sebayang beserta jajaran dan Bupati Karo Cory Sriyaty Sebayang bersama para Kerala dinasnya.

Dalam sambutannya Minola Sebayang yang juga pengacara kawakan ini mengatakan, Inisiasi kerjasama ini semata mata untuk membangun kampung halaman. Bukan untuk dirinya, namun untuk anak cucunya di kemudian hari.

Menurutnya masyarakat Karo yang tergabung dalam HMKI banyak yang dikatakan sudah sukses. Ada yang menjadi anggota KSP, ada yang menjadi professor dan ada juga yang menjadi anggota DPD RI.

“Tidak salah rasanya jika dari orang orang yang sudah berhasil kembali membangun halaman tempat kami dilahirkan,” ujar Minola usai menandatangi perjanjian kerjasama, Santa (12/6/2021).

Lebih lanjut Minola mengatakan ada tiga aspek yang dijadikan obyek kerja sama yakni pariwisata, pendidikan dan perjanjian.

Untuk pariwisata menurutnya banyak tempat di Wilayah Karo yang berpotensi untuk jadi destinasi wisata. Anggota HMKI yang sudah berpengalaman akan melakukan brains storming dengan Pemerintah Kabupaten Karo untuk meningkatkan destinasi wisata.

Sementara itu untuk peternakan, 70 persen masyarakat Kabupaten Karo merupakan petani. Multi dari petani bears, kopi dan lain lain. Melihat kondisi ini, pertanian di Kabupaten Karo merupakan potential yang bisa dikembangkan.

Terakhir yang dikerjasamakan adalah Bidang pendidikan dan social budaya. Dengan kerja sama ini diharapkan bisa melahirkan entrepreneur entrepreneur untuk Kabupaten Karo.

Sementara itu Bupati Karo, Cory Sriyaty Sebayang mengucapkan terima kasih kepada HMKI yang peduli terhadap pembangunan Kabupaten Karo. Dengan kepedulian ini, kemajuan Karo bukan untuk kami yang saat ini menjabat, tapi untuk generasi berikutnya.

“Ketika kita membuat perubahan ke arah yang lebih baik diharapkan generasi pengurus bisa mengambil pelajaran dan menemukan inovasi inovasi untuk Tanah Karo,” unar Cory.

Lebih lanjut Cory berharap agar kerja sama ini tidak menjadi yang pertama dan terakhir. Segala masukan dari Putra Karo sangat dinantikan untuk kemajuan bersama.

Terakhir Cory mengatakan apa yang dilakukan DPP HMKI bisa menjadi contoh untuk wilayah lain. Dimana Putra Tanah Karo yang sudah berhasil tidak melupakan tanah kelahirannya.

“Mari bersama kita Bangun Tanah kelahiran kita yakni Tanah Karo,” ujar Cory.

(Ridwansyah Rakhman)