Holding Energi PGN-Pertamina
Holding Energi PGN-Pertamina

Jakarta, Aktual.com – Setelah PT PGN masuk menjadi anak perusahaan PT Pertamina (Persero) melalui kebijakan Holding Migas dengan ditandai Rapat Umum Pemegang Saham Luar biasa (RUPSLB) yang direncanakan berlangsung pada esok hari (Kamis 5/1),

Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menegaskan akan tetap mempertahankan Direktorat Migas dan anak usahanya yakni Pertagas.

“Kalau kita bicara bahwa holding itu strategic, berarti fungsi strategis saja yang ada di holding. Masing-masing direktorat itu ada yang sifatnya strategis menetapkan arah kedepan ada yang sifatnya operasional. Yang sifatnya strategis itu dilakukan di holding,” kata dia di Jakarta, ditulis Rabu (24/1).

Sedangkan keberadaan Pertagas akan terus ada dan tidak dilebur, anak usaha ini rencananya akan diintegrasikan dengan anak usaha PGN yang bergerak dalam hal yang sama.

“Kita sebut integrasi. Karena anak perusahaan yang memiliki bidang usaha yang sama, kita integrasi. Disitu kita dapat advantage dari sisi efisinsi dan efektifitas. Caranya bisa akuisisi atau merger, tapi intinya integrasi. Tujuan kita melakukan integrasi,” ujar Nicke.

Rencana konsolidasi usaha ini ditargetkan akan rampung Maret dan saat ini, landasan Holding Industri sektor Migas berupa Peraturan Pemerintah (PP), rancangannya masih di menja Presiden untuk ditandatangani.

Reporter: Dadangsah Dapunta

(Eka)