Jakarta, Aktual.com — Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan sekaligus orang dibalik pembukaan Rekening Gotong Royong, Olly Dondokambey, menyatakan bahwa peluncuran pendanaan partainya bertumpu pada kemandirian keuangan partai.

Dalam pengelolaannya, nantinya PDIP mengedepankan akuntabilitas dan transparansi keuangan melalui akuntan publik yang profesional. Penerimaan keuangan ini ditekankan Olly sejalan dengan AD/ART PDIP yang mengatur dua jenis penerimaan, yakni penerimaan dari pemerintah dan sumbangan kader.

Apa yang dilakukan PDI Perjuangan tersebut mendapatkan apresiasi dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Melalui Koordinator Bidang Korupsi Politik, Donal Fariz, ICW menyebut apa yang dilakukan PDI Perjuangan sebagai hal yang positif.

“Pendanaan partai secara gotong-royong melalui konsep fundraising itu merupakan hal positif. Langkah maju yang dilakukan PDIP,” terangnya saat dihubungi wartawan, Kamis (22/10).

Konsep fundraising yang diterapkan PDI Perjuangan menunjukkan adanya kesadaran dalam membangun budaya partai yang baik. Terlebih dalam pengelolaannya, PDI Perjuangan akan menggandeng akuntan publik.

Secara khusus, Donal berpesan agar Rekening Gotong-Royong PDI Perjuangan ini dapat mengurangi potensi terjadinya tindak pidana korupsi. Ia berkaca pada sebagian besar kegiatan partai selama ini yang kerap membuat kader-kader partai tertekan karena diminta mencari sumber-sumber pembiayaan.

“Jangan lagi ada yang misalnya ada pungutan kepada calon kepala daerah, kader di DPR,” tutupnya.

()