CEO Gojek Nadiem Makarim menjadi pembicara pada sesi pertama Business Summit Business Summit dalam rangkaian KTT IORA ke-20 tahun 2017 di di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (6/3). Diskusi itu mengangkat tema "Boosting Trade and Investment through Empowering and Globalizing Small and Medium Enterprises in the Indian Ocean Region". ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Wahyu Putro A/pras/par/17.

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Muhammad Ramli Rahim mengatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim harus bisa mengatasi masalah ketersediaan guru.

“Menteri baru Nadiem Makarim harus berjuang ekstra keras terkait ketersediaan guru ini, jika pendidikan kita terus menerus dibiarkan dikelola oleh orang-orang yang status gurunya tidak jelas dan pendapatannya di bawah Rp150.000/bulan maka “lompatan” yang dijanjikan tak akan pernah terwujud,” ujar Ramli di Jakarta,Kamis (31/10).

Dia menjelaskan lebih dari satu juta tenaga pendidikan tidak jelas statusnya dan pendapatannya. Bahkan penghasilannya jauh lebih rendah jika dibandingkan buruh bangunan.

“Jika terkait data guru dan perbandingan siswa dan guru, mereka, satu juta guru yang status dan pendapatannya tidak jelas ini akan digunakan sebagai “data pemanis” tapi jika berbicara status dan pendapatan, mereka diabaikan,” kata dia lagi.

Dia menambahkan pengangkatan CPNS guru akan membuat resah para guru yang statusnya belum.jelas itu. Hal itu dikarenakan sangat berpotensi digeser oleh para CPNS.

“Tetapi semua itu tak perlu dikhawatirkan karena jumlah guru yang pensiun dan alih tugas saja tak cukup digantikan oleh CPNS 2019 ini.”

(Abdul Hamid)