Jakarta, Aktual.com – Diantara wasiat dan nasihat Imam Ad Darqawi, ialah dalam hal ajakan kepada para murid (orang yang meniti jalan Allah Swt) untuk senantiasa konsisten dalam hal at tajrid (keadaan dimana seorang hamba hanya menyaksikan kepada sang Penciptanya) dan perpegang teguh dengan (agama) Allah Swt.

Beliau berkata: ” bersyukurlah kepada Allah Ta’ala atas apa yang telah Allah Swt karuniakan untuk kalian, sehingga kalian masih berada pada jalan untuk menuju kepada Nya, pada saat dimana dunia ini telah merenggut hati manusia dan badan-badan mereka, kecuali sedikit saja dari mereka (yang selamat darinya).

Dan ketahuiliah dengan baik tentang hal (keadaan) kalian sekarang ini, – yaitu hal at tajarrud (keadaan dimana seorang hamba hanya menyaksikan kepada sang Penciptanya)- karena ini adalah benar-benar karunia yang agung, sir (rahasia) yang sangat jelas lagi mashur.

Yang mana tidaklah orang mengetahuinya kecuali mereka yang telah dipadamkan oleh Allah Swt mata batinnya, dan telah digelapkan sanubarinya, – demi Allah- jikalau tidak dengan keberkahan hal ini, maka kita semua akan tenggelam dalam lautan kefasikan sebagaimana sebagaimana sebelum adanya hal ini.

Hal (hal attajarrud) ini adalah sebuah ketaatan yang telah Allah Swt perintahkan kepada kita, yang mana Allah Swt telah menyelamatkan kita – Alhamdulillah – dikarenakan kita telah mengenal para ahlullah. Karena sesungguhnya, tidaklah merugi orang yang melepaskan ikhtiarnya, menanggalkan pakaian indahnya, dan merasa tenang ketika bersama dengan sahabat dan para kekasihnya, akan tetapi haruslah ia menghiasi diri sebagaimana mereka para ahlu thariqah menghiasi diri mereka – semoga Allah senantiasa meridhai mereka-.

(Andy AbdulHamid)