Impor Cangkul China
Impor Cangkul China

Jakarta, AKtual.com – Saat ini sektor pertanian di Indonesia belum mandiri sepenuhnya. Padahal target swasembada pangan sudah digadang-gadang sejak dulu kala. Hal sederhana terkait mandiri pertanian terkait alat-alat pertanian yang harus impor. Kasus impor kepala cangkul beberapa waktu lalu menjadi sorotan publik dan jadi bukti industri nasional masih belum terintegrasi dari hulu ke hilir. Baja yang kebutuhan produksi cangkul industri dalam negeri tak tersedia.

Pengamat Ekonomi Pertanian dan Lingkungan IPB, Ricky Avenzora mengungkapkan pembenahan menyeluruh perlu dilakukan baik dari sisi data maupun kebijakan pertanian yang berkaitan dengan industri. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pertanian dan industri nasional.

“Sejatinya, Indonesia sudah mumpuni dalam hal memperkuat sektor pertanian. Sehingga jangan selalu bergantung impor. Jangankan untuk memproduksi cangkul, jauh lebih dari itu bangsa Indonesia sudah lama mampu menciptakan berbagai prasyarat memperkuat sektor pertanian,” ujar Pengamat Ekonomi Pertanian dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), Ricky Avenzora di Jakarta, Kamis (23/3).

Namun sayangnya para politisi dan elit pimpinan setiap rezim pemerintah dalam Era Reformasi ini telah semakin sesat fikir dan kehilangan moral dari tahun ke tahun.

Pikiran mereka pendek….

(Eka)
1
2
3