Menteri Kesehatan Nila Moeloek
Menteri Kesehatan Nila Moeloek

Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Indonesia dengan kalangan pelaku usaha di Belanda menjajaki peluang bisnis bidang kesehatan dengan melaksanakan Forum Bisnis Kesehatan di Kantor Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda di Den Hagg, Sabtu (22/6).

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta disebutkan bahwa Forum Bisnis Kesehatan dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek dan dihadiri oleh sekitar 120 kalangan pengusaha bidang kesehatan baik dari Belanda maupun Indonesia.

Menkes Nila Moeloek dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa forum tersebut merupakan bagian dari implementasi nota kesepahaman (MoU) dan “Joint Action Plan” kerja sama bidang kesehatan Republik Indonesia-Belanda yang diharapkan menjadi suatu forum untuk mempertemukan para pemangku kepentingan, khususnya pelaku usaha bidang kesehatan di kedua negara.

“Forum Bisnis Kesehatan ini kiranya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh kedua belah pihak sehingga akan banyak proyek, kerja sama bisnis, serta bentuk kolaborasi lainnya antara para pelaku usaha Indonesia dan Belanda yang dihasilkan,” katanya.

Menkes  meyakini bahwa Forum Bisnis Kesehatan akan sangat membantu dalam mendukung keberhasilan pembangunan kesehatan di Indonesia dan Belanda baik saat ini maupun di masa mendatang.

Duta Besar RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja dalam sambutan pembukaan juga menegaskan bahwa Forum Bisnis Kesehatan RI-Belanda diharapkan dapat meningkatkan kerja sama ekonomi dan memperkuat hubungan kemitraan bilateral RI-Belanda yang sangat historis dan strategis.

Dubes mengapresiasi kinerja kerja sama kesehatan RI-Belanda yang terus meningkat sejak ditandatanganinya MoU pada tahun 2018.

Forum menyelenggarakan tiga diskusi panel yang membahas teknologi kesehatan, pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) kesehatan.

Pada ketiga diskusi panel tersebut Dirjen Farmasi dan Alat Kesehatan, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemenkes RI, serta Ferry Soetikno (PT Dexa Medica) dan Jemmy Hartanto (PT Jayamas Medica Industri) turut memaparkan perkembangan industri kefarmasian dan alat kesehatan Indonesia, peluang usaha di sektor kesehatan dan strategi pengembangan tenaga kesehatan Indonesia.

Pada forum dimaksud juga telah ditandatangani kerja sama Kemenkes dengan Yomema untuk pengaturan teknis peningkatan kapasitas tenaga kesehatan profesional Indonesia guna mendukung terwujudnya pengiriman tenaga kesehatan profesional Indonesia ke Belanda.

(Arbie Marwan)